Jumat, 13 Maret 2009

Kode QR dari KAYWA

QR Code adalah kode matriks (atau dua dimensi bar code) yang dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. "QR" berasal dari "Quick Response", sebagai pencipta kode yang ditujukan untuk membolehkan isinya akan decoded dengan kecepatan tinggi. QR Kode sudah umum di Jepang, yang saat ini merupakan jenis kode dua dimensi yang paling populer. Selain itu, umumnya ponsel di Jepang dapat membaca kode ini dengan kamera. [1]

Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR Code, suatu informasi di-encode melalui suatu aplikasi QR Code generator. Beberapa aplikasi QR Code generator yang dapat digunakan antara lain:

  • Aplikasi web seperti Kaywa QR-Code, SnapMaxe QR Code Generator, atau beberapa lagi yang bisa dicari dengan kata kunci “QR Code generator” pada Google.

  • Add-on untuk Firefox yang dapat digunakan untuk menghasilkan QR Code dari alamat website yang sedang diakses seperti Mobile Barcoder atau SnapMaze QR Code Firefox Extension.

  • Google Chart API yang memang sudah mendukung QR Code. [2]


Untuk dapat menggunakan program pembaca kode QR ini, maka saya menggunakan HP jadul N6600 dan berhasil dengan baik, telah dicoba dengan ukuran yang berbeda-beda, yaitu dengan menampilkan kode QR pada monitor dengan ukuran yang berbeda, atau dengan membaca kode QR yang ditampilkan pada layar LCD. Adapun HP tipe apa saja yang mendukung untuk dapat dipasang aplikasi pembaca kode QR ini, maka dapat dilihat disini.

Pembuat aplikasi pembaca kode QR tidak hanya membuat program aplikasi untuk membaca saja, tetepi juga melengkapinya dengan program aplikasi untuk membuat kode QR tersebut, sehingga kita dapat membuat kode QR sendiri.

Pustaka:
[1] QR Code
[2] QR Code : Eko Pramuyanto
[3] QR-Code Generator
[4] Download The KAYWA READER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar