Jumat, 19 Desember 2008

Hibernate vs Shutdown

Banyak pengguna Windows XP, pada saat akan mengakhiri pekerjaannya di komputer menggunakan TURN OFF/ SHUTDOWN, cara ini memang benar, akan tetapi cara ini kurang efisien dan membuang waktu (cukup untuk membuat kopi), apabila pekerjaan yang dilakukan tersebut akan dilanjutkan pada esok harinya, dan harus membuka pekerjaan yang sama dan banyak aplikasi yang harus dibuka. Hal tersebut dapat diatasi yaitu dengan melakukan HIBERNATE daripada melakukan TURN OFF atau STANDBY atau meninggalkan komputer dalam keadaan ON semalaman/ seharian.

Saat Hibernate dilakukan maka semua pekerjaan yang sedang dalam keadaan ON tidak ditutup, akan tetapi disimpan pada Harddisk, sehingga saat esok harinya membuka komputer lagi, maka pekerjaan kemarin akan segera tampil kembali seperti semula. Memang kelemahan dari HIBERNATE adalah memerlukan ruang di Harddisk yang agak besar (tergantung banyaknya aplikasi saat itu yang sedang ON).

Tombol HIBERNATE tidak langsung keluar saat dilakukan "Turn Off Computer", melainkan tombol STANDBY yang akan ditampilkan, agar tombol HIBERNATE tampil seperti pada gambar disamping, maka harus ditekan dulu tombil SHIFT.

Untuk komputer desktop maka biasanya perlu dilakukan seting terlebih dahulu yaitu klik pada START - CONTROL PANEL - PERFORMANCE and MAINTENANCE - POWER OPTIONS kemudian pilih tab HIBERNATE, kemudian cawang pada pilihan Hibernate seperti terlihat pada gambar paling kanan.

Kesimpulan:
Hibernate memang perlu, akan tetapi tidak digunakan untuk selamanya, karena memori komputer (RAM) perlu di segarkan, agar dapat bekerja secara optimal, perlu dilakukan TURN OFF/ RESTART saat-saat tertentu bila dirasa perlu.

www.eepis-its.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar